September 22, 2021

Danbrigif 4 Lampung Kunjungi Budidaya Ikan Di Tanggamus

2 min read

Tanggamus (MP) – TNI  Angakatan laut Marinir Danbrigif 4 Lampung,  Kolonel Nawawi,SE.MM  Beserta jajarannya melakukan kunjungan di SUMP Kota Agung Kab.Tanggamus,Selasa(20/10/20)

Dalam kunjungan tersebut didampingi Oleh Asisten 2 bidang ekonomi dan Pembangunan Sukisno S.K.M, M.Kes. Kepala Dinas Perikanan H.Edi Narimo, S.H, M.H. 

Sebelumnya Danbrigif Lampung  telah melakukan kunjungan ke dua lokasi  lokasi budidaya yang ada di kabupaten Tanggamus, diantaranya Kelompok budidaya Ikan Nila (POKDAKAN SUKA KAYA) di Talang Padang,Pembudidaya Ikan Gurame (POKDAKAN GURAME JAYA) di Gisting dan dilanjutkan Pembudidaya Udang Vaname di SUPM Kotaagung.

Dalam Kesempatannya Bapak  Nawawi menyampaikan “Apresiasi terhadap usaha pembesaran ikan nila yang telah mencapai 134 ton dalam 1 siklus selama 4 bulan,Dan pembenihan ikan gurame yang telah mancapai produksi telur ikan gurame sebesar 10 juta telur dari bulan januari 2020 hingga saat ini,” Ungkapnya

“Pemasaran telur gurame telah menjangkau pulau jawa diantarnya Kabupaten Tulungagung Jawa Timur,Provinsi Palembang,Bengkulu dan beberapa wilayah lainya,”Jelasnya

Kelompok Gurame Jaya Potensi pembudidaya ikan di Kabupaten Tanggamus semakin meningkat,  di buktikan dengan semakin banyaknya masyarakat pelaku usaha yang mendaftarkan diri mengajukan pembentukan kelompok pembudidaya Ikan atau POKDAKAN. 

Sampai saat ini jumlah Kelompok Pembudidaya Ikan yang sudah terdaftar dan Teregistrasi di Dinas Perikanan ada sekitar 70  kelompok dg asumsi anggota per Kelompok minimal 10 orang. Jadi ada sekitar 700-800 pelaku usaha pembudidaya ikan. Yg meliputi komoditi ikan Nila,Gurame,Lele.Mas,Bandeng dan udang Vaname.

“Jumlah ini akan semakin bertambah karena masih banyak yang belum  terdaftar dan ter indentifikasi.Untuk kegiatan pembinaan dan pembentukan Kelompom Pembudidaya ikan, Dinas Perikanan memiliki 8 tenaga Penyuluh Perikanan yang siap melakukan pendampingan untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha Perikanan,” Pungkas Bram Koordinator penyuluh Kelompok (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.