Juni 24, 2021

Verifikasi ODF (OPEN DEFECATION FREE) Pekon Tri Mulyo Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lambar

1 min read

Lampung Barat (MP) – Dalam upaya mencapai target menjadikan Lampung Barat (Lambar) sebagai kabupaten Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan, Tim Dinas Kesehatan (Diskes) propinsi bersama masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas melakukan verifikasi ODF di pekon-pekon, Kamis (5/11/2020).

Pada hari ini dilakukan verifikasi salah satu tempat nya adalah pekon tri Mulyo kecamatan gedung Surian kabupaten Lampung barat.

Pratin Trimulyo Bukhori dalam sambutannya mengatakan “
Mengucapkan slmt datang buat Tim dari propinsi di Pekon Trimulyo.

Adapun Hasil data dan penyisiran Tim awalnya ada 118 RT yang belum ODF tapi dalam kurun waktu 1 bln mereka bisa membuat WC standart kesehatan.

Dari 969 KK dan 3148 jiwa yang ada di Pekon Trimulyo Pekon Trimulyo menyatakan siap di ferivikasi.

Kalaupun ada catatan2 dari Tim Pemerintah dan masyarakat pekon Trimulyo siap ut menindaklanjuti” kata Bukhori

Lanjut Bukhori alhamdullah hasil verifikasi yang dilakukan dari tim propinsi bahwa pekon Trimulyo sudah dinyatakan lulus menjadi pekon ODF, serta Harapan ke depan ODF ini tidak hanya berhenti disini tetapi Pekon diharapkan bisa segera membuat Peraturan Pekon tentang ketentuan masyarakat yg ingin mendirikan bangunan rumah diharuskan juga sepaket dg WC sehatnya, Selain itu tim kesehatan propinsi yang melakukan verifikasi memberikan catatan dan apresiasi kepada masyarakat yg telah ikut bersama2 pemerintah siap mendeklarasikan sebagai Pekon ODF menuju Kab ODF.

Masuk kata Bukhori mereka yang melakukan verifikasi masih berharap diundang kembali ke pekon Trimulyo untuk verifikasi pilar2 lainnya. Termasuk penggunaan cuci tangan pakai sabun di setiap rumah masyarakat yang terpasang di depan rumah masing masing” tutupnya. (Mun/Gun )

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.