September 18, 2021

Cegah Bus Ngetem di Jalinbar, Sat Lantas Polres Tanggamus Datangi Pool RBU dan Puspajaya

2 min read

Kota Agung – Satuan Lalu Lintas Polres Tanggamus bergerak cepat melakukan upaya pencegahan bus ngetem (menunggu penumpang) di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Tanggamus.

Langkah pencegahan tersebut dengan mendatangi Poll Bus Rajabasa Utama (RBU) dan Puspa Jaya di Kota Agung, dan memberikan himbauan agar awak bus tidak lagi ngetem disana.

Selain memberikan himbauan, Sat Lantas Polres Tanggamus juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) akan melakukan tindakan tegas jika masih ada awak bus yang membandel.

Kasat Lantas Polres Tanggamus Iptu Rudi, S. SH. MH mengatakan, pihaknya telah membaca informasi yang viral adanya keluhan warga terkait Jalinbar Terbaya sekitar Telkom dijadikan terminal atau banyak bus menunggu penumpang.

“Terkait informasi bus ngetem di Jalinbar Terbaya, kami sudah mendatangi dan menghimbau pengurus pool RBU dan Puspajaya di Kota Agung agar tidak lagi ngetem disana,” kata Iptu Rudi mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK., Minggu (6/12/20) malam.

Menurut Kasat Lantas, Bus yang harusnya ngetem di terminal malah berada disana, sehingga dapat membahayakan pengguna jalan lainnya.

“Apabila masih menunggu penumpang dan membuat kemacetan kami akan ajak Dishub untuk menertibkannya,” tegasnya.

Sebelumnya, viral di jejaring sosial facebook tentang postingan “Terminal Bayangan” diunggah akun facebook John Ta menuliskan bahwa pemandangan yang kita saksikan setiap hari di sepanjang ruas jalan Ir. Hi. Juanda Pekon Terbaya  Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus tepatnya di depan kantor Telkom dan komplek LDII di jadikan terminal oleh Bus AKDP untuk menunggu penumpang jurusan Raja Basa-Bandar Lampung.

Bus tersebut parkir di bahu jalan yang mengakibatkan penyempitan jalan sehingga mengganggu pengguna jalan pengendara kendaraan bermotor lainnya juga pejalan kaki yang lalu lalang. Dikhawatirkan berpotensi kecelakan lalu lintas. Akibatnya fatal.

“Hal ini di karenakan bukan hanya satu armada yanh parkir atau dengan sebutan lain NGETEM di bahu jalan tersebut tapi sampai lima armada. Mohon kepada pihak yang berwenang dalam hal ini Dinas Perhubungan Kabupaten Tanggamus dan Polres Tanggamus agar dapat mengambil tindakan untuk mengantisipasi terjadi nya kecelakaan. Dan akan lebih baik jika Terminal yang ada di Kotaagung di fungsikan Sebagai Terminal yang sebenarnya,” tulis Jhon Ta, pada 10 jam lalu. (Nando)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.