Juli 31, 2021

Pekon Way Emplau Ulu Melaksanakan Kegiatan Posyandu

2 min read

Lambar MP-Posyandu adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Manfaat Posyandu ialah memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare.

  1. Penimbangan Balita: Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

KMS adalah kartu untuk mencatat dan memantau pekembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan. Pada KMS dapat diketahui status pertumbuhan anaknya.

  1. Imunisasi
    Di posyandu balita akan mendapatkan layanan imunisasi.
    Macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah
  • BCG untuk mencegah penyakit TBC.
  • DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus.
  • Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan.
  • Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).
  1. Peningkatan Gizi
    Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak dan diare pada balita.
  2. Penanggulangan diare
    Penyediaan oralit di posyandu. Melakukan rujukan pada penderita diare yang menunjukan tanda bahaya di bu Puskesmas. Memberikan penyuluhan penggulangan diare oleh kader posyandu.

Seperti yangyang dijelaskan oleh Ibu Nurhayati Sebagai Petugas gizi dari petugas Puskesmas Liwa Kecamatan Balik Bukit

“Sebagai Petugas gizi, kami setiap Bulan melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak/balita disetiap posyandu yang ada di kecamatan Balik Bukit seperti Berat Badan, tinggi badan dan untuk mengetahui ada atau tidaknya anak yang terkena STUNTING ( Masalah kurang gizi yang mengakibatkan gangguan pertumbuhan berat badan dan tinggi badan pada anak/balita) dan apabila ada anak/ balita yang terkena stunting akan segera di laporkan ke Pihak Dinas Kesehatan untuk ditindaklanjuti” jelasnya

Dan Pada kesempatan yang sama Bapak Edi Susanto selaku juru tulis yang mewakili peratin Pekon Way Emplau ulu menyampaikan Pelaksanaan Posyandu pekon way emplau ulu yang bernama” Posyandu Sepulang seperti hari ini senin 14 juni 2021 rutin dilaksanakan setiap bulan yang pelaksanaan nya setiap hari Senin di minggu kedua. Dan yang melaksanakan kegiatan Posyandu ini adalah Bidan Desa Way Emplau ulu yang di pantau oleh petugas gizi dari Puskesmas Liwa .

Adapun sumber dana dari kegiatan Posyandu ini dianggarkan dari Dana Desa di setiap Pencairan “tuturnya(Gun)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.