Desember 2, 2021

Bupati Menghadiri Pelepasan Siswa/i Min 1 Pesisir Barat

3 min read

Pesibar,MP,-Bupati Pesisir barat DR.Drs.Agus Istiqlal,SH.,M.H Menghadiri Wisuda sekaligus pelepasan siswa-siswi kelas VI T/A 2020/2021 Min 1 Pesisir Barat yang berlangsung di aula sekolah MIN 1 Pesisir Barat.(Kamis,17-6-2021)
Turut hadir pada acara tersebut Staf ahli Bupati,Kadis pendidikan,Kepala Kemeng pesisir barat,Kepala sekolah MIN 1 Pesisir barat,wali murid ,serta para siswa-siswi MIN 1 Pesisir barat.
Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa MIN 1 pesisir barat pada saat ini memiliki jumlah siswa sebanyak 372, dan yang lulus pada tahun 2020/2021 berjumlah 51 siswa, yang mana sudah menyelesaikan jus ke 30 dengan predikat cumlaude (sangat memuaskan) dengan nilai tertinggi 1258, sedangkan siswa kelas 1 s/d 5 sebagian sudah tuntas hapalan yang di programkan sesuai jenjang perkelas kepada siswa yang berprestasi dari kelas 1 s/d 6.

atas nama pemerintah kabupaten pesisir barat kami menyambut baik dengan diselenggarakannya wisuda tahfidz quran yang dilaksanakan oleh min 1 pesisir barat. kegiatan wisuda dan para tahfidz qur’an ini memiliki peran penting dalam upaya menumbuh kembangkan minat baca al quran dikalangan masyarakat sehingga program pemerintah untuk membumikan al quran dapat terwujud.
melalui wisuda siswa-siswi tahfidz ini juga patut untuk kita syukuri karena dikabupaten pesisir barat akan muncul ahli-ahli qur’an dan penghapal al-qur’an yang akan memakmurkan agama di pelosok-pelosok desa dalam wilayah kabupaten pesisir barat.
Agus istiqlal juga memberikan apresiasi kepada para guru min 1 pesisir barat, yang secara serius dan konsisten dalam membina para siswa-siswi tahfidz atau penghafal al quran, kami bangga dengan tekad para guru tahfidz yang secara ikhlas dan istiqomah membimbing para calon kader penjaga kemurnian al quran. tanpa kenal lelah, rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan bahkan material demi tujuan mulia. berkat tangan dingin dan ketulusan mereka, alhamdulllah kita memiliki calon-calon generasi tahfidz quran yang mampu menjaga dan memelihara kemurnian al quran. insyaallah, kedepan kabupaten pesisir barat akan memiliki para penghafal al quran yang bisa menyejukan dan membawa keberkahan bagi daerah ini.

dalam kegiatan ini merupakan bentuk pendidikan nilai-nilai alquran dalam membina kepribadian seorang muslim sejak usia dini. seorang muslim akan dapat mengamalkan nilai-nilai islam dengan baik jika ia sudah bisa menghafal alqur’an. karena, salah satu kewajiban umat islam terhadap al-qur’an selain membaca dan mengamalkannya adalah menghafalnya.
pada kesempatan ini, kami berpesan kepada para siswa-siswi yang telah khatam menghafal, supaya menjaga hafalannya. karena menjaga hafalan alqur’an itu lebih sulit ketimbang menghafalnya. menghafal alqur’an itu mudah bagi yang mau menghafalnya, namun yang berat adalah memelihara hafalannya. para orang tua yang anaknya telah khatam menghafal, kami ingatkan supaya senantiasa mengingatkan dan mendampingi secara terus menerus untuk menjaga kelestarian hafalannya.
ingatlah bahwa orang tua yang memiliki anak hafidz qur’an akan mendapatkan mahkota yang berkilauan dan sinarnya mengalahkan sinar matahari pada yaumul qiyamah nantinya.

saat ini kita dihadapkan dengan pengaruh globalisasi, yang berdampak pada kemerosotan moral bagi generasi muda islam. kita sangat prihatin, ketika anak-anak muda islam terpengaruh dengan minuman keras, pergaulan bebas, kemaksiatan, jauh dari nilai-nilai agama dan melawan orang tua. agar generasi muda islam tidak terseret jauh dalam arus globalisasi, maka kita harus bergandeng tangan untuk membentenginya dengan nilai-nilai agama. salah satu cara yang paling ampuh, mari kita menghidupkan tradisi budaya maghrib mengaji di lingkungan rumah tangga. orang tua dan anak-anak hendaknya secara bersama-sama untuk membaca al-qur’an setiap hari, minimal satu hari satu halaman al quran. semakin terasa indah, apabila disertai dengan terjemahannya, agar kita tahu arti dan makna isi kandungan al quran serta menghafalnya. (Nas)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.