September 22, 2021

Plt. Kakanwil Kemenkumham Apresiasi Donor Darah dan Soroti Kurang Memadai Lokasi Rutan Kota Agung

2 min read

Tanggamus MP- Seteleh beberapa hari lalu jajaran Rutan Kelas II B Kota Agung melaksanakan kegiatan razia kamar hunian, pembagian APD dan Bhakti Sosial pemasangan nama jalan. Selanjutnya sebanyak 39 orang petugas dan 3 orang Taruna mengikuti kegiatan Donor Darah di Aula Rutan setempat, Kamis (12/08/2021).

Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Kota Agung, Akhmad Sobirin Soleh kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama yang baik dengan PMI Kabupaten Pringsewu.

Pada kesempatan ini, turut hadir Plt. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Lampung yang baru, Iwan Santoso, S.H., M.Si., dan ikut meninjau langsung aksi donor darah petugas rutan tersebut.

Iwan Santoso mengatakan kegiatan donor darah ini sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama manusia.

“Dalam masa pandemi ini tentu banyak saudara kita yang sedang sakit dan membutuhkan darah, semoga melalui aksi donor darah ini kami bisa sedikit membantu mereka yang sedang kesusahan,” harap Iwan Santoso.

Lanjutnya, Kebersihan Rutan Kota Agung ini luar biasa, hanya sayang lokasinya kurang memadai, luasnya kurang lebih tidak sampai 1000 meter, sedangkan idealnya Rutan itu 2 Hektar, Ini kecil sekali.

“Kami kedepan akan mencoba berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus untuk dapat memberikan hibah tanah, sehingga kami akan mecoba membangun Rutan yang lebih luas,” tutup Iwan Santoso.

Sementara itu, Karutan Karutan Kota Agung Akhmad Sobirin Soleh menambahkan, bahwa aksi donor darah hari ini adalah rangkaian kegiatan Jajaran Rutan Kelas IIB Kota Aung dalam memperingati hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 76.

Lanjutnya, petugas pemasyarakatan tidak hanya fokus memberikan pelayanan pemasyarakatan, tapi juga harus mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat.

“Alhamdulillah, dalam aksi donor darah ini kami dibantu 5 orang dari petugas medis RSUD Kab. Pringsewu dan 1 orang petugas kesehatan rutan, namun dari 39 orang petugas dan 3 taruna yang mendaftar untuk mendonorkan darahnya tidak semua bisa mendonorkan darah karena sakit dan belum divaksin Covid-19 dosis lengkap.

“Semoga setetes darah dari kami sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” pungkas Sobirin.

Aksi Donor darah sendiri terpantau berjalan lancar hingga selesai. Petugas yang telah mendonorkan darah mendapatkan suplemen berupa multivitamin penambah darah, susu dan snack. Bagi mereka yang telah mendonorkan darahnya, bisa kembali mendonorkan darah setelah jeda minimal 3 bulan dari donor darah sebelumnya. (Ady/Nan)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.