September 22, 2021

Acara Pemandian Alat Seni Kuda Lumping Dibulan Muharram (Suro)

1 min read

TANGGAMUS MP- Kesenian Kuda Lumping Yang Berada Dipekon Terbaya, Kec. Kotaagung, Kab. Tanggamus, Mengadakan Acara Pemandian Alat Kesenian Kuda Lumping Dibulan Muharram (Suro). Minggu (22/8/2021)

Kesenian kuda lumping sinar melati mega kusuma berada dipekon Terbaya yang pimpin oleh Bapak. Sofyan hadi, serta dukungan dari Kepala Pekon Terbaya, Bapak Mardathu Aspar dan Semua anggota dikesenian kuda lumping pun Ikut mendukung acara tersebut

Sebelum Pemandian Alat kuda lumping diawali terlebih dahulu dengan do’a selamat dan memakan nasi tumpeng bersama semua anggota hal ini selalu dilaksanakan Setiap satu tahun sekali setiap dibulan Muharram (suro).

Pimpinan Kuda lumping Sinar Melati Mega Kusuma mengungkapkan Kegiatan yang dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Biasanya Kesenian Tradisional Kuda lumping ini kami tampilkan disetiap Bulan Muharram (Suro) ini, guna untuk Bersih Desa di Pekon Terbaya. Tetapi dengan adanya PPKM covid-19 tersebut, Kami tetap mematuhi Peraturan yang berlaku untuk tidak Menampilkan kesenian kuda lumping kami dihadapan Masyarakat Seperti tahun Lalu”. Ujar sofian

Para anggota kesenian kuda lumping hanya bisa memandikan alat seni kuda lumping, dilanjutkan memainkan alat musiknya atau disebut dengan Gamelan jawa tanpa adanya pertunjukan. (wawan)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.