September 22, 2021

TP-PKK KABUPATEN PESISIR BARAT LOMBA MENGHIAS MEMPERINGATI HUT RI KE-76 TA 2021

3 min read

Pesibar, (MP),- Ketua TP-PKK Kab. Pesisir Barat, Hj. Septi Istiqlal didampingi Ketua I TP-PKK Kab. Pesisir Barat Ny. Yulna Wati A. Zulqoini Syarif membuka secara resmi Lomba Menghias Tumpeng Tahun 2021 dengan mengusung Tema “Makanan Bergizi Masyarakat Sehat” di Aula Gedung Sekretariat PKK Setempat Kamis (26/08).

Turut hadir dalam acara tersebut diatas, Ustad Ronawi, S.Ag. selaku pembaca Do’a, Para Pengurus dan Anggota TP- PKK Kab. Pesisir Barat, Ketua TP-PKK Kecamatan Se-Kabupaten Pesisir Barat, Dewan Juri, dan Para Peserta Lomba.

Dalam laporan ketua Panitia Penyelenggara Lomba, Ny. Fitri Amelia menyampaikan Maksud dan tujuan lomba :
Untuk melestarikan tradisi membuat Tumpeng yang beragam bergizi seimbang dan aman serta sekaligus ajang silaturahmi para ibu -ibu TP-PKK Kab. Pesisir Barat.

Adapun peserta yang mengikuti lomba berjumlah 22 orang yang terdiri dari masing-masing 2 orang dari 11 Kecamatan di Kab. Pesisir Barat.

Kemudian dilanjutkan Sambutan Ketua TP-PKK Kab. Pesisir Barat, Hj. Septi Istiqlal menyampaikan Perlu kita ketahui bahwa pemberdayaan Kesejahteraan keluarga
di singkat dengan PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia, PKK terkenal akan 10 Program pokoknya.

10 Program pokok PKK pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia yaitu :

  1. Penghayatan dan pengamalan Pancasila.
  2. Gotong Royong.
  3. Pangan.
  4. Sandang.
  5. Perumahan dan tata laksana rumah tangga.
  6. Pendidikan dan keterampilan.
  7. Kesehatan.
  8. Pengembangan kehidupan berkopersi.
  9. Kelestarian lingkungan hidup.
    10 .Perencanaan Sehat.

Kegiatan kita pada pagi hari ini mengacu pada program pokok PKK yang no 3 dan no 6 yaitu Pangan dan Pendidikan dan Keterampilan.

Pangan yang kita pelajari disini :

  1. Bagaimana mengolah bahan mentah sehingga menjadi menu yang enak dan menarik menikmatinya.
  2. Mencari menu yang dapat bermanfaat pada kesehatan tubuh kita yang masuk pada keriteria B2SA yakni Bergizi Beragam Seimbang dan Aman yang artinya Bergizi kita harus memilih bahan baku yang memiliki protein, gizi, vitamin sehingga bermanfaat bagi kesehatan kita. Beragam kita harus pintar mencari menu yang lengkap, ada lauk pauknya, ada sayur mayurnya, Seimbang artinya menu yang kita pilih harus memiliki keseimbangan antara karbohidrat, gizi, protein dan vitaminnya, jangan banyak karbohidrat tetapi gizinya gak ada atau vitaminnya gak ada.
    Aman untuk di konsumsi, terhindar dari zat- zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, seperti zat kimia dsb.

Kemudian Pendidikan dan Keterampilan, Banyak hal yang dapat kita peroleh, belajar memilih menu yang cocok, tidak hanya asal ada gizi, protein dan vitamin tetapi
harus cocok di lidah misal jika ikannya di panggang maka harus ada yang pedas-pedasnya sebagai pendampingnya, begitu pula dengan sayurannya jika sudah ada urap maka tidak perlu lagi ada tumis- tumisan.
Kita juga akan terampil dalam
menata /menghiyas tumpeng tersebut supaya indah di pandang, serasi, rapih, bersih, sehingga ketika orang melihatnya akat terkagum atau terpesona.

Itu sebabnya kita adakan lomba menghias tumpeng
pada hari ini
supaya disamping kita mengenang betapa menderita/ susahnya bangsa kita terdahulu untuk memerdekakan Republik Indonesia ini, juga ada nilai positifnya, kita selaku Penggerak Pemberdayaan Perempuan dapat merealisasikan sebagian dari 10 Program Pokok PKK kita.

Kepada Ibu-ibu Dewan Juri yang saya banggakan saya titip dan berharap jadilah Dewan Juri yang bijak, berikan penilain yang sportif, agar pemenangnya betul-betul yang layak untuk menang sehingga tidak akan menimbulkan kecemburuan sosial yang akan menyebabkan perpecahan di antara kita. (Nas/wind)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.