September 22, 2021

Komunitas Anak Anak Transmigran Asli Way Abung II ( KATAWA) DI Tubaba Resmi Terbentuk

2 min read

Tulangbawang Barat MP – Komunitas Anak- Anak Transmigran Asli Way Abung II ( KATAWA ) telah terbentuk. Pembentukan tersebut, bertujuan untuk menjalin silaturahmi serta turut serta memajukan daerah. Pembentukan yang dilakukan secara aklamasi tersebut, berlangsung di Cafe Kulon Rowo Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Barat ptovinsi Lampung, Sabtu ( 4/9/2021).

Sebelum proses pemilihan dimulai ada beberapa opsi sustem pemilihan pengurus. Susanto sebagai moderator menawarkan kepada peserta agar mengusulkan sistem pemilihan.

Kasiran Riyadi berharap pengurus harus yang kompeten dan paham organisasi, hal ini bisa dilakukan dengan mengusulkan keterwakilan dari masing masing tiyuh.

Sementara Gatii Susanto mengusulkan agar pemilihan pengurus dilakukan secara aklamasi.

Setelah melalui proses yang demokratis maka menghasilkan susunan pengurus sebagai berikut:
Ketua Suko Wiyono, Wakil Ketua Susamto, Sekretaris Rukmini , Bendahara Karyati Iman Rejo. Sementara untuk kelengkapan kepengurusan akan di dusun dikemudian hari.

Dalam sambutannya ketua terpilih Suko Wiyono menuturkan, tujuan dibentuknya KATAWA adalah untuk mengeratkan tali silaturahmi dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah. ” Tujuan dibentuknya KATAWA ini selain mengeratkan tali silaturahmi anak anak transmigran yakni merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan, dalam pembangunan daerah khususnya di Tulangbawang Barat,” ujarnya.

Sementara dalam arahannya Nandang S meminta kepada seluruh anggota KATAWA agar memiliki visi dan misi yang sama, hal ini agar organisasi tersebut tidak salah arah. Dirinya juga menegaskan setelah terbentuk kepengurusan secara lengkap secepatnya didaftarkan di Kesbangpol. ” Nanti setelah lengkap dalam kepengurusan KATAWA kita daftarkan ke Kesbangpol agar legalitas organisasi atau komunitas kita sah secara hukum,” ungkapnya.

Senada disampaikan Sisyanto KATAWA harus murni ajang silaturahmi, berperan aktif dalam kegiatan positif. Pria yang akrab disapa Moyo ini juga meminta agar KATAWA bisa menjaga nama baik warga transmigran. Telebih saat ini sudah berlaku UU ITE , jangan sampai sikap dan perilaku anggota KATAWA melanggar UU ITE . ” Nantinya jejaring sosial milik katawa baik itu Facebook , Instagram, WhatsApp group serta lainnya harus ada admin yang profesional, ini bertujuan agar semua postingan dan komentar bisa terkontrol,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Gati Susanto, SE mengucapkan terima kasih kepada Mas Pani Kastro, yang telah menggagas komunitas anak anak transmigran Asli Way Abung II. Sehingga di kabupaten Tulangbawang Barat saat ini telah terbentuk komunitas yang diharapkan bisa sinergi dengan pemerintah daerah, bersanding mesra dengan warga masyarakat, serta menjalin keharmonisan dengan siapapun. ” Terima kasih mas Pani yang telah menggagas keberadaan komunitas ini, kami akan selalu menantikan ide cemerlang sampean demi kemajuan KATAWA untuk TUBABA,” pungkasnya.

Diketahui tujuan transmigrasi salah satunya adalah melakukan pemerataan serta penyebaran penduduk. Transmigrasi merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam melakukan perpindahan dari satu daerah ke daerah lainnya. Seperti halnya warga transmigran asal pulau Jawa yang berada di way Abung II tepatnya di kabupaten Lampung Utara dan Tulang Bawang Barat ini mereka berasal dari pulau Jawa di era tahun 1971-1972 bertransmigrasi ke Sumatera tepatnya di provinsi Lampung.( ARMAN).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.