Januari 18, 2022

Padamkan Api, Lapas Kotaagung Panggil Satuan Pemadam Kebakaran

2 min read

Tanggamus MP -Simulasi dan Pelatihan Penanganan Kebakaran digelar di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotaagung (Lapas Kotaagung). Mengundang Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Tanggamus (Damkar), seluruh Petugas Lapas Kotaagung turut serta dalam pelatihan ini. Mereka dipandu oleh instruktur yang merupakan petugas Damkar.(01/10/21)

Materi Pelatihan diberikan di Aula Lapas dilanjutkan Simulasi di Lapangan Upacara Lapas Kotaagung. Hadir langsung dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Tanggamus, Alkat Alamsyah, SE.,MM. beserta jajarannya.

Kabid Damkar, Azmuni Romzi, S.E dan Instruktur Syamsir menjelaskan beberapa materi pada pelatihan kali ini. Mulai dari macam-macam penyebab terjadinya kebakaran, jenis-jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR), cara perawatan dan penggunaannya, hingga teknik pemadaman api. Baik secara konvensional dengan menggunakan karung goni/handuk/selimut maupun dengan menggunakan bantuan APAR.

Petugas tidak hanya dibekali teori saja. Melainkan juga ada sesi praktek sekaligus latihan/simulasi pemadaman api. Beberapa petugas juga melakukan praktik secara langsung terkait cara memadamkan api, secara bergantian petugas Damkar juga mempersilahkan petugas Lapas untuk secara langsung mencoba menggunakan selang air mobil pemadam kebakaran.

Syamsir, sebagai pemateri berpesan agar jika terjadi kebakaran, untuk tidak panik dan segera menghubungi Dinas Damkar. ‚ÄúPastikan sumber titik api, arahkan seluruh warga binaan maupun petugas ke tempat yang aman dari api, selamatkan arsip penting jika memungkinkan selagi menunggu tim Damkar sampai di lokasi kejadian, Kami Dinas Damkar Kabupaten Tanggamus akan siap sedia bertindak jika terjadi musibah kebakaran atau apabila ada yang membutuhkan penyelamatan, Pantang Pulang Sebelum Padam itu motto kami”.

Kalapas Kotaagung, Beni Nurrahman selain mengucapkan terimakasih kepada Dinas Damkar Kabupaten Tanggamus yang telah memberikan pelatihan terhadap petugas Lapas Kotaagung, Ia juga menegaskan agar segenap jajarannya secara rutin mengontrol kondisi instalasi jaringan juga melakukan pengecekan dan perawatan APAR secara berkala guna mencegah kemungkinan terjadinya kebakaran. “Saya berharap seluruh petugas Lapas Kotaagung dapat memahami dasar-dasar dan SOP penanggulangan kebakaran, serta tanggap melakukan penanganan secara tepat jika terjadi musibah kebakaran di Lapas”. (Nando)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.