Juni 28, 2022

Rapat Paripurna DPRD Pesibar Acara Persetujuan (RPJMD) Tahun 2021-2026.

3 min read

Pesibar (MP) Bupati Pesisir Barat DR. Drs. Agus Istiqlal, SH., MH didampingi Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H Mengikuti Rapat Paripurna Secara Virtual Meeting di Kantor Bupati Pesisir Barat, Villa Repong Ramdo Way Batu Krui Kamis 14 Oktober 2021.

Turut mendampingi Bupati Pesisir Barat mengikuti Rapat Paripurna, Staf Ahli Bupati Hapzi, S.Pd., MM., Kodim 0422/Lampung Barat Mayor Inf Ihara Warsa, Kepala BPKAD I Nyoman Setiawan, SE.,MM, Kepala Bappeda Drs. Zukri Amin, MP, Plt. Kadis Kominfo Drs. Miswandi Hasan M.Si.

Dalam sambutan Bupati Pesisir Barat menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Pesisir Barat yang telah mengagendakan rapat paripurna ini. agenda rapat paripurna hari ini menandakan telah selesainya proses pembahasan ranperda Kabupaten Pesisir Barat tentang RPJMD tahun 2021-2026. Bupati Pesisir Barat juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggota badan pembentukan peraturan daerah DPRD Kabupaten Pesisir Barat yang telah membahas ranperda RPJMD ini. rekomendasi serta saran perbaikan yang telah disampaikan akan menjadi materi perbaikan bagi seluruh tim penyusun ranperda RPJMD.

Berdasarkan pasal 263 ayat (3) UU No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, RPJMD adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 5 tahun. RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD dan RPJMD.

Visi RPJMD tahun 2021-2026, yaitu terwujudnya Pesisir Barat yang amanah, maju dan sejahtera, yang dalam pencapaiannya diarahkan dengan 5 misi, yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara berkeadilan, maju dan berdaya saing.
  2. Mengembangkan infrastruktur wilayah dengan konsep pembangunan inklusif untuk konektivitas antar wilayah dengan memperhatikan aspek mitigasi bencana dan berwawasan lingkungan.
  3. Mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui peningkatan produktivitas sektor pertanian dan perikanan.
  4. Mengembangkan destinasi pariwisata unggulan daerah yang berpijak pada kearifan lokal.
  5. Menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas melalui tata kelola pemerintahan yang bersih dan produktif serta penguatan sinergitas antar lembaga.

Bupati Pesisir Barat mengingatkan bahwa RPJMD tahun 2021-2026 akan menjadi pedoman bagi penyusunan RKPD tahun 2022, 2023, 2024, 2025 dan 2026. oleh karena itu, kepada seluruh perangkat daerah untuk dapat segera menyempurnakan dokumen renstra perangkat daerah berdasarkan pada RPJMD yang telah dibahas ini.

Bupati Pesisir Barat juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan dalam pembahasan ranperda RPJMD, sebagai berikut:

  1. Peningkatan kualitas perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan dan pengendalian dalam setiap pelaksanaan program pembangunan.
  2. Konsistensi antar dokumen, khususnya pada strategi dan arah kebijakan daerah dengan perangkat daerah dalam upaya pencapaian visi dan misi kepala daerah serta target kinerja yang telah ditetapkan.
  3. Pengembangan potensi unggulan daerah, pertanian, perikanan dan pariwisata dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat.
  4. Asumsi kerangka pendanaan daerah. yang mana hal ini akan ditindak lanjuti pada dokumen perencanaan dan penganggaran tahunan daerah.

Setelah pelaksanaan seluruh agenda pembahasan ranperda ini, setidaknya ada 2 tahapan lagi sebelum penetapan perda yaitu:

  1. Evaluasi ranperda RPJMD oleh Pemerintah Provinsi Lampung.
  2. Register perda oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Diakhir sambutannya Bupati Pesisir Barat berharap ranperda RPJMD tahun 2021-2026 ini dapat ditetapkan register penomorannya oleh Pemerintah Provinsi Lampung paling lambat tanggal 26 oktober 2021. Dengan telah ditetapkannya pedoman perencanaan daerah jangka menengah untuk 5 tahun kedepan semoga menjadi awalan yang baik untuk kita bersama-sama membangun Kabupaten Pesisir Barat menuju terwujudnya Pesisir Barat yang amanah, maju dan sejahtera. (Nas)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.