Juni 28, 2022

federasi Adat Megopak( marga empat) Tubaba Menganugerahkan Gelar Ke 22 Orang Dalam Prosesi Begawi Adat Marga Tegamoan.

2 min read

Mediapatriot.id,
Tulangbawang Barat (Tubaba).-
Dalam rangka memperingati hari jadi Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat Lampung, Federasi Adat Megopak (Marga Empat) Tulangbawang Barat memberikan Anugerah Gelar Stan kepada 22 Orang dalam Prosesi Begawi Adat Marga Tegamoan.

Ketua pelaksana HUT kecamatan Tulangbawang Tengah Hendarwan menjelaskan, “HUT TBT akan di barengi begawi adat (begawi balak) megowpak marga Tegamoan, dan sebanyak 19 Kepala Tiyuh, 2 Lurah dan 1 Camat akan mendapat gelar Suttan” jelasnya. Jumat 11/03/2022.

Untuk keputusan hari jadi yang ke berapa akan diputuskan dalam pepung (musyawarah) marga pada Senin nanti 21 Maret karena ada dua versi. “Kalau kita bicarakan Wedana terbentuknya tahun 1945 dipimpin oleh Sarbini, kalau terbentuknya Kecamatan Panaragan pada tahun 1952 yang pada saat itu Camatnya Sikin, dirubah dan terbentuknya Kecamatan TBT ini pada Tahun 1972 sampai saat ini.”kata Hendarwan.

Ditambahkan nya, patut berbangga bahwasanya khusus nya di Kecamatan Tulangbawang Tengah akan dilaksanakan begawi adat agar kebudayaan di Tubaba dapat diakui secara nasional maupun internasional.

Di tempat terpisah ketua federasi adat megowpak Tubaba Hi.Herman Arta gelar Suttan Kuasa Marga mengatakan, benar akan digelar begawi adat nanti pada tanggal 21 Pepung adat ,tanggal 22 Begawi Adat dan pada 23 Puncak acara,” ungkapnya.

Lanjutnya, sebanyak 22 orang terdiri dari Camat Tulangbawang Tengah, Sembilan belas Kepalo Tiyuh dan Dua Lurah di Kecamatan Tuba Tengah, berikut para Istri dari para pejabat tersebut, akan diberikan Gelar Stan dalam prosesi begawi adat nantinya.

“Pengambilan Gelar Stan kepada 22 orang ini diambil dari dalam kekerabatan silsilah Pepadun Stan Bintang Marga Indah, Ulu Pepadun Stan Bintang Marga, Suku Tepuk Darak ,Tiyuh Panaragan, Marga Tegamoan, Marga Empat Tulangbawang Barat.”jelasnya
(ARMAN/ tim)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.