Desember 6, 2022

KUPP Kelas III Kota Agung Bekerjasama dengan Poltekpel Banten Gelar Diklat BST -KLM.

4 min read

Tanggamus HL- Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Kota Agung bekerjasama dengan Poli teknik pelayaran(Poltekpel)Perhubungan Banten Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat (BST-KLM) Bagi Operator Kapal Tradisional selama 3 hari mendatang dari tanggal 17 -19 Mei 2022 di Aula Hotel Urban style Pringsewu selama 3 hari mendatang. Selasa,(17/05/22).

Salah satu bentuk kehadiran Negara atau Pemerintah di tengah Masyarakat, dimana Pemerintah telah mencanangkan Program Prioritas Nasional antara lain Pembangunan Manusia dan Pengentasan Kemiskinan.

“Kementerian Perhubungan melaksanakan kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) tentang keselamatan transportasi bagi masyarakat kurang mampu yang bertujuan agar masyarakat dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan.

Untuk mendapatkan lapangan pekerjaan dalam meningkatkan taraf hidup setelah bekerja nantinya, dalam hal ini membudayakan dan meningkatkan keselamatan transportasi. Sehingga dapat meminimalisir kecelakaan dalam bertransportasi.

Dikatakan Capt Tohara, S.E, M.Mar, M.M.Tr saat diwawancarai Dalam kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Nelayan BST -KLM untuk Operator Kapal Motor dengan 120 Peserta.

“Dalam kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Nelayan, dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 17 – 19 Mei 2022, Kita dari KUPP Kelas III Kota Agung bekerjasama dengan Poltekpel Banten dengan Peserta 120 Masyarakat yang mengikuti Diklat.”Kata capt Tohara.

Masih lanjut Capt Tohara, Pihaknya dibantu oleh Himpunan Nelayan seluruh Indonesia (HNSI) kabupaten Tanggamus dan DPC KOMMARI Tanggamus untuk Suksesnya Diklat Pemberdayaan Nelayan BST-KLM.

“Tak lupa Juga kegiatan ini dibantu Oleh himpunan Nelayan Tanggamus yang tergabung dengan HNSI dan Kommari.”Ungkap Capt Tohara.

Capt Tohara juga Berharap semoga ilmu yang diperoleh dalam pelatihan ini bermanfaat dan memberikan nilai tambah serta meningkatkan kualitas dan taraf hidup serta kesejahteraan

“Kami berharap Kedepan dari kegiatan DPM BST KLM ini ada nilai tambah khususnya untuk masyarakat nelayan dilingkungan Pelabuhan kelas III kota agung yang bekerja dikapal Layar Motor terkait dengan kesejahteraan Masyarakat dan taraf Hidup dan pengenalan dan mengetahui dasar-dasar keselamatan Jiwa dilaut, apa lagi mereka yang Berprofesi dilaut mencari sumber pangan dan bekerja di laut untuk mengetahui keselamatan jiwa dilaut perairan pelabuhan di kota Agung.”Harapnya.

“Hari ini pada Gelombang 1 kami mendiklatkan sebanyak 120 perserta pelatihan, dan untuk periode selanjutnya rencana diselenggarakan pada bulan Juni tahun 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 144 orang , sehingga diharapkan target jumlah peserta dapat terselesaikan dalam semester I ini.

Namun kami tetap membuka pendaftaran kepada masyarakat, jika memang diperlukan dan jumlah peminatnya banyak, tak tertutup kemungkinan kami akan menambah kuota jumlah peserta pelatihan,” Capt. Tohara .

Juga, Capt Tohara,” Peserta diklat setelah mengikuti Pembelajaran akan Mendapatkan Sertifikat yang diberikan Politek Pel Banten yang bisa menjadi Legalitas untuk Operator Kapal Motor, bahwa dia sudah mengikuti diklat Basic Training dasar Keselamatan jiwa dilaut, juga bisa memahami dan menyerap ilmu untuk diterapkan dilapangan dan menimalisir kecelakaan dilaut.”Tutur Capt Tohara.

Senada disampaikan Direktur Poltek Pelayan Banten Diwakili oleh Capt.David Ricardo.M.M.Tr.M.Mar Menjelaskan Bahwa dari Poltek Pel Banten Dalam Kegiatan Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BST-KLM) ini ada Beberapa tim.

“Kegiatan ini ada beberapa tim yang kami turunkan Yakni Tim Pengajar Kelautan, Tim pengajar dari Medis, kemudian Tim Administrasi yang kesemuanya berjumlah 10 Orang dan dibantu dari Teman- teman KUPP kelas III Kota Agung dan himpunan nelayan tergabung dengan HNSI dan Kommari, kemudian Kegiatan ini adalah bentuk Hadirnya Pemerintah Kepada masyarakat kita terjun langsung kepada Masyarakat.” Tegas Capt.David Ric.

Masih David Ric Menambahkan Output dari kegiatan ini, peserta akan diberikan sertifikat BST-KLM yang bisa dipergunakan untuk berlayar di Kapal-Kapal perikanan Baik di Dalam maupun Luar Negeri. Tambahnya.

Senada disampaikan Ketua DPC Kommari Tanggamus Firlinda, S.H., M.Kn Mendukung Penuh Kegiatan Yang dilaksanakan Baik dari Poltekpel banten dan KUPP kelas III Kota Agung.

“Kami mengucapkan Terima kasih kepada Capt Tohara Dan Pihak Poltekpel Banten sudah memberikan Pelatihan kepada Masyarakat Nelayan Lampung Khususnya Kabupaten Tanggamus, harapan saya kedepan Lebih ditingkatkan jumlah Peserta nelayan di pesisir Pantai Tanggamus sampai dengan Pesisir barat.” Tambah Ketua Firlinda.

Juga Hal yang sama, Perwakilan HSNI Tanggamus Mengucapkan terima kasih dengan adanya program program Diklat ini yang meraka tunggu.

” Kami mengucapkan terima kasih Kepada Capt Tohara Dan Tim dari Poltekpel Banten ,program ini adalah Program yang sangat kami nanti nantikan, dan kami sangat mendukung program ini untuk meningkatkan Taraf Hidup Khususnya Masyarakat Nelayan.”Tutupnya.

Turut Hadir dalam kegiatan Kepala KUPP kelas III kota Agung Capt Tohara,S.E.,M.Mar,M.Mtr, Direktur Politek Pelayaran Banten Yang di Wakili Oleh Bagian Pelatihan Capt.David Ricardo.M.M.Tr.M.Mar, Kepala Kantor KSOP Kelas I Panjang, Pelda Muhammad Irfai selaku komandan Pos Angkatan Laut (Danposal), Kepala Pos Basarnas Lampung, Anggota Polisi Laut Polda Lampung, Kepala Dinas Perikanan Tanggamus, Kepala pelabuhan UPTD perikanan Kota Agung, Korwil Kerja Teluk Semaka kantor Kesehatan pelabuhan kelas II Panjang, Kepala BNN Tanggamus, Ketua Himpunan Nelayan seluruh Indonesia (HNSI) kabupaten Tanggamus, Ketua Kommari Tanggamus Firlinda, S.H., M.Kn Dan 120 Peserta Diklat.(An)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.