Juni 20, 2024

Menjaring Aspirasi Masyarakat,Pemerintah Pekon Teba Ada Kan MUSDUS.

2 min read

Tanggamus,untuk menampung aspirasi masyarakat,pemerintah melalui badan hippun pemekonan(BHP) undang masyarakat Pekon Pekon Teba kecamatan kota agung timur untuk menyampaikan usulan” untuk rancangan pembangunan jangka menengah(RPJM)dan RKP

Yang mana tujuan dari perintah Pekon Teba
untuk menyusun APBDesa untuk tahun mendatang 2023.

“Hadir dalam acara tersebut camat kota agung timur yang pada kesempatan tersebut di hadiri sekcam kota agung timur Ependi SE. ,ketua BHP Pekon Teba Manrida,pendamping lokal desa,, tokoh agama,tokoh adat,tokoh pemuda,LKM,dan masyarakat dari dusun satu dan dusun dua.

Dalam sambutan nya ketua BHP Pekon Teba Manrida,”beliau mengharap untuk penyerapan aspirasi tahun ini untuk tahun depan perlu dukungan dari semua pihak Karna tanpa ada aspirasi/usulan dari masyarakat untuk menyusun rencana kerja Pekon(RKP)di tahun 2023 nanti.selasa 13 September 2022.

Sekcam kota agung timur Ependi SE menekan kan ke pemerintah Pekon dan masyarat supaya sebanyak mungkin untuk mengajukan usulan² agar di masukkan di rencana kerja Pekon untuk tahun 2023 dan RPJM papar sekcam kota agung timur.

Dalam penjelasan nya pendamping lokal desa memapar kan tujuan dari MUSDUS tersebut,”
a. Pemulihan ekonomi nasyonal sesuai kewenangan desa.
1-)pembentukan,pengembangan dan revitalisasi BUMdesa.
2-)penyediaan listrik desa dan,
3-)pengembangan usaha ekonomi produktif yang di utamakan di kelola BUMdesa.

b. Program prioritas nasyonal sesuai kewenangan Pekon/desa
1-)pendataan desa,pemetaan potensi dan sumber daya dan pengembanggan teknologi informasi dan komunikasi(TIK)
2-)pengembanggan Pekon wisata untuk pertumbuhan ekonomi Pekon.
3-)penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di Pekon, dan
4-)desa inklusif untuk peningkatan keterlibatan perempuan Pekon.

Dari beberapa usulan² masyarat,”Halimi mengusulkan untuk mengoptimal kan Badan usaha milik desa(BUMDES)karna BUMDES yang bisa menopang dan memajukan perekonomian Pekon,apa lagi potensi potensi yang ada di Pekon Teba seperti taman kehati itu bisa di kelola oleh Pekon dan banyak lagi potensi seperti wisata pantai,yang akses jalannya sudah tembus ke bibir pantai, apa lagi program BUMDES itu salah satu dari visi,misi Junaidi A Md untuk mencalonkan diri sebagai kepala Pekon Teba beberapa waktu lalu tuturnya.

Dari hasil MUSDUS terserap aspirasi masyarakat rata² usulan untuk pisik,inprastruktur seperti jalan lingkunggan,jalan lingkar Pekon,TPT,jalan usaha tani dan irigasi persawahan.dari dua dusun,dusun satu 8 aitem usulan dan dari dusun 2 ada 12 aitem usulan,(Buyung)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.