Desember 8, 2022

KPU tulang Bawang Barat Mensosialisasikan Tahapan Pemilu 2024 kepada Seluruh insan pers Se tulang bawang Barat

2 min read

PANARAGAN mediapatriot.id. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulangbawang Barat Lampung menggandeng para insan pers yang bertugas di wilayahnya guna melakukan sosialisasi tahapan Pemilu tahun 2024 ke masyarakat.

Sebagai narasumber komisioner KPU Tubaba,Yudi Agusman,SE, Wirda Jaya S.pd, Johansyah dan sekretaris Drs.Markurius serta komisioner Bawaslu Sukirman Hadi,SH.

Komisioner KPU Kabupaten Tulangbawang Barat Yudi Agusman mengatakan, media atau pers memiliki peran yang sangat penting terhadap penyelenggaraan pemilu, demikian juga di Pemilu tahun 2024.

“Pemilu tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya kerja sama dengan insan pers dan media massa. Karenanya, keberadaan media ini kami rangkul untuk menyebarluaskan informasi tentang pemilu yang baik dan benar, serta menekan berita hoaks,”
Ujar Yudi pada sosialisasi Tahapan Pemilu di Wisma Asri Tiyuh Tirta Kencana Tulangbawang Tengah,
Kamis (17/11/2022).

Menurut dia, kegiatan yang digelarnya tersebut merupakan bentuk sinergitas antara KPU dengan media massa dalam rangka penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Tubaba

Selain menyebarluaskan informasi tentang pemilu dan politik, keberadaan media massa juga sebagai alat filter untuk menyaring berita-berita hoaks yang dapat memicu terjadinya konflik politik di masyarakat.

Yudi menambahkan, saat ini KPU Kabupaten Tulangbawang Barat sudah melaksanakan tahapan verifikasi calon peserta Pemilu 2024. Baik verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual.

“Hasil verifikasi tersebut akan kami tetapkan pada bulan Desember. Sedangkan Pemilu akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024. Setiap tahapan tersebut butuh peran media massa,” kata dia.

Dia menegaskan, agenda besar itu sudah pernah terjadi pada pemilu periode sebelumnya dan banyak sekali dinamikanya. Untuk tahun 2024, pihaknya berharap dapat berjalan lebih baik.

“Untuk itu kami menggandeng seluruh Organisasi pers Tubaba ini, harapannya kita bisa menyamakan persepsi guna mewujudkan jalannya Pemilu tahun 2024 yang aman dan lancar,” katanya.

Sementara itu komosioner Bawaslu Sukirman Hadi,SH Kabupaten Tulangbawang Barat mengatakan bahwa peran media sangatlah penting dalam hal pengawasan partisipatif,
“Tujuan pengawasan partisipatif untuk mencegah terjadinya konflik, menjadikan pemilu berintegritas, meningkatkan kualitas demokrasi, mendorong tingginya partisipasi publik dan membentuk karakter serta kesadaran politik masyarakat,” ungkap Sukirman saat memberikan materi sosialisasi.

Terkait tahapan Pemilu 2024, lanjutnya, dia juga berharap agar insan pers dapat bersikap independen.

Hal itu diwujudkan dengan menghindari intervensi-intervensi dari luar dan golongan manapun. Sehingga azas pemilu dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan dalam rangka Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pemilu Tahun 2024 di ikuti seluruh organisasi pers kabupaten Tulangbawang Barat, Dua balas organisasi Pers yang hadir antara lain, PWI, IWO, KWRI, AWPI, SPRI, SMSI, JMSI, FWMHTBB, AJOI, FPII, AWASI dan Forjil.( Ar)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.