Januari 29, 2023

Pelantikan Peratin Terpilih Hasil Pilperatin Serentak Kabupaten Pesibar Tahun 2022

3 min read

Pesibar, Media patriot. id/ Berdasarkan Keputusan Bupati Pesisir Barat Nomor : B /630/ KPTS /IV.12/ HK-PSB/2022 Tentang Pengangkatan Peratin Terpilih Pekon Suka Mulya, Pekon Negeri Ratu Ngaras, dan Pekon Pagar Bukit, Hasil Pemilihan Peratin Serentak Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022.

Bupati Pesisir Barat Dr.Drs. Agus Istiqlal, SH.,M.H yang diwakili oleh Plt. Sekda Pesisir Barat Ir. Jalaludin, MP melantik 3 (Tiga) orang Peratin Terpilih Hasil Pemilihan Peratin Serentak Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022 yang bertempat di GSG Selalaw Labuhan Jukung, Krui Kamis 29 Desember 2022.

Adapun Daftar Nama Peratin Terpilih Masa Jabatan 2022-2028 berikut Nama Pekonnya :

1 . Solikun Peratin Suka Mulya Kecamatan Lemong.

  1. Satibi Peratin Negeri Ratu Ngaras Kecamatan Ngaras.
  2. Yunengsih Peratin Pagar Bukit Kecamatan Bengkunat.

Bupati Pesisir Barat yang diwakili oleh Plt. Sekda Pesisir Barat Ir. Jalaludin, MP dalam sambutannya menyampaikan sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan, Peratin merupakan pengambil keputusan sekaligus penanggungjawab setiap kebijakan yang akan diambil dan dilaksanakan oleh Pemerintah Pekon. sesuai dengan ketentuan maksimal 3 (Tiga) bulan setelah pelantikan, Peratin harus segera menyusun rencana Pembangunan Jangka Menengah Pekon (RPJM Pekon) untuk jangka waktu 6 (Enam) Tahun, ditetapkan dengan peraturan Pekon, yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program. penyusunan perancanaan pembangunan harus dilaksanakan secara Partisipatif oleh pemerintahan Pekon yang melibatkan lembag kemasyarakatan dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh, dan tanggap Terhadap Perubahan.

Dalam menjalankan tugas menyelenggarakan urusan pembangunan, Peratin dituntut untuk mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki. selain kemampuan dalam mengelola potensi yang dimiliki, Peratin juga harus mampu mensinergikan antara potensi dan program pemerintah Pekon dengan program pemerintah yang diterima Pekon. sinergitas ini diperlukan untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan.

Berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan Pekon, ada beberapa hal yang ingin saya tekankan kepada Peratin :

  1. Dalam melaksanakan program pembangunan baik yang berasal dari Pemerintah Pusat maupun dari Pemerintah Daerah diperlukan adanya perencanaan yang matang dengan melibatkan semua unsur masyarakat seperti LHP, LPM, Pemangku, dan komponen masyarakat lainnya.
  2. Dalam setiap pelaksanaan tugas dan program pembangunan, saudara harus berorientasi pada hukum dan aturan yang telah ditentukan. saya ingatkan, kita kerja di pemerintahan bukan berdasarkan kemauan kita, bahkan bukan semata-mata berdasarkan niat baik kita. tetapi kita kerja di pemerintahan itu dasarnya adalah peraturan perundang-undangan, bukan kemauan kita, niat baik kita.

jika terdapat proses penggantian dan pemindahan aparatur pekon saya ingatkan kembali harus sesuai dengan ketentuan perundangan.

  1. Dalam pengelolaan pembangunan di Pekon, saudara harus berorientasi pada hasil yang maksimal sesuai dengan rencana dan ketentuan yang telat ditetapkan. dengan berorientasi pada hasil yang maksimal, maka saudara tidak akan berfikir untuk mencari keuntungan dalam setiap pelaksanaan program pembangunan.
  2. sebagai pemimpin masyarakat, dalam melaksanakan tugas dan program pembangunan, saudara harus berorientasi pada pengabdian. karena selama ini masih ada Peratin yang tidak mengerti bahwa dirinya dipilih oleh masyarakat, sehingga kepentingan masyarakat banyak yang tidak terlayani.
  3. Penatakelolaan aset Pekon menjadi hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan Pekon. sebab, salah satu indikator penyelenggaraan administrasi pemerintah Pekon yang baik adalah terwujudnya tata kelola administrasi aset Pekon.

Untuk Itu Saya berpesan kepada peratin yang baru saja dilantik untuk memeriksa semua aset Pekon yang ada dimulai sejak serah terima Jabatan.

Diakhir sambutannya Plt. Sekda Pesisir Barat menyampaikan, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengucapkan selamat kepada Peratin yang baru saja dilantik, dengan harapan Peratin yang baru dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan di Wilayah Kabupaten Pesisir Barat khususnya di Pekon serta dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Hadir menyaksikan Pelantikan tersebut, Staf Ahli, para Asisten, Ketua DPRD beserta anggotanya, unsur forkopimda Lambar-Pesibar, para Kepala OPD, perwakilan dari Kemenag Pesisir Barat, masyarakat Peratin Terpilih, Insan Pers, serta tamu undangan.
(Ns))

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.