Juli 21, 2024

Pemkab Pesisir Barat Gelar Rapat Koordinasi Melalui Zoom Meeting Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023

2 min read

Pesibar, Mediapatriot.id /Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) kembali menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah dengan dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Lantai 3 Kemendagri, Jakarta Pusat. Diwaktu yang sama dengan ditempat yang berbeda, Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Pesisir Barat mengikuti kegiatan tersebut secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting bertempat di ruang Media Center Gedung A Lantai 1, Komplek Perkantoran Pemkab Pesisir Barat, Senin 20 Febuari 2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pengendalian inflasi di Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat yang akibat oleh krisis keuangan yang melanda hampir seluruh negara di dunia.

Diwaktu yang sama dengan ditempat yang berbeda, Pemkab Pesisir Barat mengikuti kegiatan tersebut secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting bertempat di ruang Media Center Gedung A Lantai 1, Komplek Perkantoran Pemkab Pesisir Barat yang dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Zukri Amin, MP.; Unsur Forkopimda Pesisir Barat; dan perwakilan dari (Organisasi Perangkat Daerah) OPD terkait.

Dalam arahannya, Kemendagri RI menyampaikan kembali tentang kemajuan hasil survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada minggu lalu, bahwa inflasi nasional di bulan Januari adalah 5,28 persen.

“Ini sangat signifikan sekali, dari yang semula inflasi kita pada bulan Desember sebesar 5,51 persen”, tambah Kemendagri RI

Kemendagri RI kembali menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo yang mengapresiasi kerja sama Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menurunkan angka inflasi.

“Di beberapa daerah, harga-harga bahan pokok di pasar sudah relatif stabil. BPS di seluruh kabupaten/kota juga sudah melakukan monitoring kenaikan harga yang disebut dengan angka proxy inflasi (lebih kurang/angka kira-kira). Dari angka proxy mingguan itulah BPS bisa mengetahui daerah-daerah mana yang terjadi kenaikan ataupun penurunan harga, dan itu diumumkan setiap minggu,” tambah Kemendagri RI.
(Nas)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.