Juli 18, 2024

Puskesmas Kotaagung Adakan Kegiatan Rutin Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular)

2 min read

Kotaagung – Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan Puskesmas Kotaagung melalui Bidan Desa melaksanakan pelayanan Posbindu (Pos Binaan Terpadu) Pekon Kota Batu Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus, Selasa (18/04/2023).

Tenaga Kesehatan Puskesmas Kotaagung yang juga Bidan Desa Pekon Kota Batu Hesti Karina Nugraha, A.Md.Keb mengatakan Posbindu dilaksanakan dalam upaya melakukan deteksi dini faktor resiko terhadap penyakit tidak menular (PTM). Untuk itu masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan pelayanan dengan sebaik mungkin.

Lebih lanjut hesti mengatakan, ”Sasaran penerima pelayanan posbindu ini adalah masyarakat usia 15 tahun keatas. Adapun pemeriksaan yang dilakukan adalah Penimbangan Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Perut, Tekanan Darah, Ukur Lemak, Kolestrol dan asam urat.”

“Dengan adanya kegiatan posbindu ini diharapkan para Masyarakat bisa mengontrol kesehatan dan mendektesi lebih dini peyakit yang di derita terutama dalam pencegahan penyakit tidak menular,” kata Hesti.

Bidan Desa Pekon Kota batu itu pun menjelaskan, ”Semoga dengan adanya Posbindu ini tidak adanya PTM (Penyakit Tidak Menular). Yang dimaksud tidak menular yaitu diturunkan dari orang tua seperti Darah Tinggi, Diabetes dan penyakit-penyakit regeneratif.”

”Oleh karenanya, diharapkan partisipasi masyarakat dalam mengontrol kesehatan di posbindu setiap bulannya dengan bertujuan mendeteksi lebih dini penyakit tidak menular dan masyarakat harus lebih proaktif lagi dengan adanya kegiatan Posbindu di Pekon Kota Batu Kecamatan Kotaagung,” tutupnya.

Sementara itu Sastrawan warga masyarakat mengungkapkan, ”Kami sangat terbantu sekali dengan adanya Posbindu ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam memeriksakan kesehatannya. Sehingga kami dapat mengetahui penyebab dan cara pencegahannya.” ungkapnya.

“Terima kasih kepada petugas puskesmas yang telah mendatangi kami. Sehingga kami tidak harus jauh ke Puskesmas untuk melakukan pengecekan kesehatan karena ini lebih efektif,” tutupnya. (Jefri/Yhs)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.