Juli 21, 2024

Pemkab Lambar Melalui Dispora Tanda Tangani MOU Dengan PT Adimitra Energi Hidro

3 min read

Lambar mediapatriot.id-Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui dinas Kepemudaan, olahraga dan pariwisata (Disporapar) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan PT. Adimitra Energi Hidro, bertempat di Bukit Resto Lingkungan Simpang Serdang Kecamatan Balik Bukit, Senin (7/8/2023). 

Kesepakatan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dengan PT. Adimitra Energi Hidro tersebut terkait tentang Pembinaan, Pengembangan, Peningkatan Sarana dan Prasarana di Objek Wisata Arung Jeram Way Besai Kecamatan Sumber Jaya. 

Perjanjian kerjasama ditandatangani oleh Kepala Disporapar Drs. Dahlin M.Pd  dan pimpinan PT. Adimitra Energi Hidro Darwin disaksikan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M 

Dalam sampaiannya, kepala Disporapar Lampung Barat mengatakan, pengembangan pariwisata merupakan peran penting bagi pembangunan di suatu daerah. 

“Dengan adanya kegiatan pariwisata di suatu daerah maka daerah-daerah yang memiliki potensi dasar pariwisata akan dengan mudah berkembang,” Kata dia. 

Dirinya menjelaskan, di bulan Desember tahun 2022 lalu, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah melakukan kesepakatan bersama antara PT. Adimitra Energi Hidro terkait dengan pembinaan, pengembangan dan peningkatan sarana dan prasarana di Objek Wisata Arung Jeram Way Besai.

“Kesepakatan bersama ini berlaku selama lima tahun terhitung sejak ditandatangani oleh para pihak. Pelaksanaan kesepakatan bersama ini ditindaklanjuti dengan penyusunan perjanjian kerja sama yang berisikan mengenai tanggung jawab dari para pihak,” Jelasnya. 

Dalam tahap pelaksanaan yang tertuang di dalam perjanjian kerja sama tersebut terdapat dua tahapan. Tahap pertama akan dilaksanakan pembangunan pekerjaan jalur sungai bebas hambatan, pengadaan loading boat, pengadaan perlengkapan camping, dan pengadaan perahu karet dan kapal spoon.

Sedangkan tahap kedua terdapat pembangunan normalisasi sungai yang bertujuan agar membentuk debit air secara normal, pembangunan tempat transit di bendungan pembangunan power house untuk tempat peralatan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) dan pengembangan fasilitas penunjang seperti camping area dan toilet. 

Sementara, Pj. Bupati Lampung Barat berharap, dengan adanya perjanjian kerjasama tersebut  dapat membantu membina, mengembangkan dan meningkatkan peran serta kelompok sadar wisata berbasis minat dan keluarga pada aliran Sungai Way Besai Kecamatan Sumber Jaya Lampung Barat.

“Adapun maksud dan tujuan perjanjian kerja sama ini untuk peningkatkan dan pengembangan wisata Way Besai Rafting Pekon Sukajaya Kecamatan Sumber Jaya yang terdampak oleh PLTM yang diamalkan dalam bentuk bantuan atau corporate social responsibility (CSR) sebagai bentuk solusi kepada Pokdarwis Way Besai Rafting,” Ujarnya. 

Karena dikatakan  Nukman, arung jeram Way Besai Rafting adalah salah satu icon wisata unggulan Kabupaten Lampung Barat, yang sudah beroperasi semenjak tahun 2000 yang bisa mendatangkan para wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Selain itu menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ke pemerintah Pekon Sukajaya dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat

“Pekon Sukajaya adalah salah satu pekon wisata dari 20 pekon wisata yang telah di Surat Keputusan (SK) kan oleh Bupati Lampung Barat, dan telah dilakukan pendampingan oleh Asosiasi Desa Wisata (ASIDEWI) pada tahun 2021 lalu yang dianggarkan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Lampung Barat untuk bisa maju di ajang Anugerah Desa Wisata tingkat Nasional. Arung jeram adalah salah satu potensi yang di unggulkan untuk mendukung Pekon Wisata Sukajaya,” Terangnya. 

“Semoga dengan adanya kegiatan ini kita bisa bekerjasama dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan di Kabupaten Lampung Barat khususnya di Arung Jeram Way Besai Kecamatan Sumber Jaya,” Sambungnya. 

Masih ditempat yang sama, Direktur PT. Adimitra Energi Hidro menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat atas terselengganya perjanjian kerjasama tersebut. 

“Dengan adanya perjanjian kerjasama ini tentu saya berharap dapat memberikan solusi terhadap terdampak oleh pembangunan PLTM,” Sebutnya. 

“Dengan tujuan dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya masyarakat,” Terang Direktur PT. Adimitra Energi Hidro seraya berharap kerjasama tersebut ke depannya dapat berlanjut(Gun)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.