Juli 21, 2024

Dinas sosial Pesawaran Siapkan TAGANA Menghadapi Pancaroba.

2 min read

Pesawaran.Mediapatriot.id – Dalam Menghadapi Pancaroba akhir 2023 , Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran akan siapkan tenaga sukarela penanggulangan bencana yang tergabung dalam Tagana.Hal ini di ungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran Zuriadi .Selasa (03/10/2023).

Musim kemarau saat ini cukup panjang , terhitung sejak pertenggahan juli lalu belum ada hujan.Melalui program dari Kementrian Sosial yang di bentuk dengan tenaga honor sukarela yang tergabung dalam wadah Tagana (Taruna Siaga Bencana) Siap menghadapi Pancaroba. Dimana Musim kemarau saat ini cukup lama sehingga membuat kondisi kering yang rawan akan kebakaran.Namun setelah Kemarau berakhir akan mulai penghujan dimana saat penghujan dengan curah hujan yang terus menerus atau curah hujan ekstrem misalnya,
Curah hujan ekstrem yang berlangsung lama biasanya akan menimbulkan genangan kemudian banjir di daerah dataran rendah atau cekungan, dan di daerah sekitar perbukitan atau pergunungan berpotensi menimbulkan longsor.

Sementara di daerah perbukitan atau pegunungan yang rusak terkadang dapat menimbulkan banjir bandang. Dampak yang ditimbulkan tentu merugikan masyarakat baik harta benda bahkan jiwa serta menimbulkan gangguan kesehatan.Tren peningkatan frekuensi dan intensitas curah hujan ekstrem telah terjadi dalam beberapa dekade terakhir seiring peningkatan suhu. Kondisi ini tentu menuntut masyarakat dan banyak pihak untuk bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut agar bisa mengurangi risiko bencana.
Hal tersebut Melalui Dinas Sosial , TAGANA selalu siaga setiap saat apabila di butuhkan.

“Tagana merupakan Tenaga sukarela bencana yang di bentuk oleh Kementrian Sosial , mereka ada di setiap wilayah rawan bencana.mereka stand by kapan saja di butuhkan mereka siap.” Ujar Zuriadi.

“Adapun Peralatan nanti bekerjasama dengan Dinas Lain misal alat berat dari dinas PU , Pemadam Kebakaran Satpol.PP , Medis Pengobatan dari Dinas Kesehatan , Kita hanya tenaga saja.”Kata Zuriadi.

“Tenaga sukarela ini berasal dari berbagai profesi,mulai dari pedagang wirasuwasta sampai apatur desa jadi berbagai kalangan.cara menghubungi mereka sangat mudah karna kita sudah ada group khusus dengan nomor masing-masing ,” Timpalnya.

Lebih lanjut Kadis Sosial Zuriadi mengatakan , Posko atau sekertariat Tagana kabupaten berada bersamaan dengan kantor Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran.(Yum/Bir)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.