Juli 21, 2024

PRAKTIK PEMBUATAN BRIKET BERBAHAN DASAR BONGGOL JAGUNG OLEH MAHASISWA KKN UNILA SEBAGAI PEMANFAATAN LIMBAH BONGGOL JAGUNG

2 min read

Waykanan mediapatriot.id-Mahasiswa KKN Universitas Lampung Periode 1 Tahun 2024 Kampung Cugah melakukan praktik pembuatan briket dengan memanfaatkan limbah bonggol jagung bersama masyarakat Kampung Cugah, kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan.

Praktik pembuatan briket berbahan dasar bonggol jagung ini dapat melibatkan beberapa aspek. Beberapa tujuan umumnya termasuk pengelolaan limbah pertanian, pengurangan polusi lingkungan, serta pemanfaatan bahan organik untuk menghasilkan sumber energi alterntif.

Selain itu, kegiatan tersebut dapat memberikan pemahaman tentang praktik ramah lingkungan dan inovasi dalam memanfaatan sumber daya lokal.

Kegiatan ini dilakukan di Balai Kampung Cugah yang dihadiri oleh Kepala Kampung, Sekretaris Kampung, Kepala Dusun, Ketua RT, dan warga Kampung Cugah pada Jumat, 26 Januari 2024.

Indah Puspitasari selaku penanggung jawab kegiatan ini, mengatakan bahwa praktik pembuatan briket bonggol jagung ini diadakan karena melihat kondisi produksi perkebunan jagung yang kurang memanfaatkan limbah bonggol jagung dan masih memilih membakar limbah bonggol jagung yang dapat menyebabkan emisi gas rumah kaca.

Indah juga mengatakan bahwa briket bonggol jagung ini dapat dijadikan sebagai produk UMKM Kampung Cugah yang dapat meningkatkan perekonomian Kampung Cugah.

“Cara pembuatannya mudah, bonggol jagung dijemur selama 2 hari, lalu dibakar di dalam tong besi selama 3 jam, kemudian arang di jemur dalam keadaan basah selama 1 hari, selanjutnya arang ditumbuk dan direkatkan menggunakan tepung kanji lalu di cetak, proses akhir arang dijemur kembali selama 1 hari.” ucap Indah.

“Ide yang sangat bermanfaat dari anak KKN, karena memang pemanfaatan bonggol jagung disini masih kurang, dengan adanya program ini dari adik-adik KKN UNILA, petani-petani jagung disini bisa menambah perekonomian dari limbah bonggol jagung tersebut.” Ucap Bapak Heffry Al Ghazali Hasanusi, S.H selaku Sekretaris Kampung.

Harapan dengan diadakannya program kerja ini dapat diterapkan secara langsung oleh petani jagung dan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kampung Cugah.(Red)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.