Mei 18, 2024

Sekda Lampung Barat Melepas Calon Paskibra Yang Akan Di Kirim Ke Bandar Lampung 

3 min read

Lambar mediapatriot.id-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Barat Drs. Adi Utama melepas calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) asal Lampung Barat yang akan dikirim ke Kota Bandar Lampung untuk mengikuti seleksi Paskibra tingkat Provinsi Lampung.

Calon Anggota Paskibra yang dilepas itu berjumlah enam orang, tiga orang laki-laki dan tiga orang perempuan yang berasal dari SMA Negeri 1 Liwa empat orang, SMA Negeri 1 Way Tenong satu orang, dan dari Madrasah Aliyah (MA) 1 Negeri Lampung Barat satu orang.

Empat siswa/siswi dari SMA Negeri 1 Liwa yang mengikuti seleksi itu yakni Afwan Alfhaiz Deandariz, Arsya Chalemen Chalista, Dharwy Helena Manulang, dan Rini Rizna Putri.

Kemudian Sandika Mario Saputra dari SMA Negeri 1 Way Tenong dan Jeni Rezkia Wulandari dari MA Negeri 1 Lampung Barat.

Enam siswa/siswi calon Anggota Paskibra tersebut dilepas Sekda Lampung Barat, Drs. Adi Utama di ruang kerjanya, Selasa (7/5).

Sebelum dilepas, calon Anggota Paskibra diberi motivasi oleh Sekda Adi Utama untuk selalu semangat agar lulus dalam tahapan seleksi yang diikuti perwakilan dari 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung.

“Tetap semangat berjuang untuk kebanggan keluarga dan mengarumkan nama Kabupaten Lampung Barat,” ungkap Sekda Adi Utama.

Pelaksanaan seleksi Paskibra tingkat Provinsi Lampung sendiri dilakukan selama lima hari, dimulai dari tanggal 13 hingga 17 Mei 2024.

Sementara materi seleksi ada beberapa tahapan tes yang harus dilalui para calon Anggota Paskibra, mulai dari seleksi administrasi, tes Pengetahuan Ideologi Pancasila (PIP), tes pengetahuan umum, tes parade, tes kesehatan, tes kesamaptaan jasmani, tes minat dan bakat serta tes media sosial.

Kemudian terkiat persiapan sebelum keberangkatan seleksi, calon Paskibra sebelumnya telah dikarantina dan dilatih (training centre) selama empat hari, bertempat di Wisma Sinda Lapai, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit.

Pelatih yang membina calon Paskibra ini berasal dari Kesbangpol Lampung Barat, Polri, Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Guru Olahraga, dan Guru Bahasa Inggris.

Dalam seleksi tes minat dan bakat, para peserta calon Anggota Paskibra diwajibkan mempunyai kemampuan berbahasa ingris dan juga mampu menampilkan bakat-bakat lainnya seperti menari, menyanyi, berpuisi maupun silat.

Sekda Lampung Barat, Adi Utama berharap keenam calon Anggota Paskibra yang dikirim mewakili kabupaten Lampung Barat dapat lulus seleksi seluruhnya di tingkat Provinsi Lampung.

Sebab, jika para peserta calon Anggota Paskibra asal Lampung Barat dapat lulus seluruhnya di tingkat Provinsi Lampung, tentu peluang untuk maju mengikuti seleksi di tingkat Nasional akan semakin besar dan ikut andil mewakili Provinsi Lampung.

“Mudah-mudahan setelah diasah selama empat hari berturut-turut akan diperoleh hasil maksimal, kalau tahun kemarin lulus lima orang, di tahun ini diharapkna lulus seluruhnya hingga di tingkat Nasional,” harap Sekda Adi Utama.

Dalam pelepasan tersebut, Sekda Adi Utama mengucapkan selamat berjuang kepada calon Paskibraka yang pada kesempatan itu disaksikan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lampung Barat, Burlianto Eka Putra, S.H., bersama Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Sumarlin, S.I.Kom, M.E.Sy., Ahmad Sajadi selaku pelatih kesehatan jasmani yang juga atlit dari SMA Negeri 1 Liwa serta Erik seorang Purna Paskibraka Lampung Barat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, kami ucapkan dan sampaikan selamat berjuang, jaga kedisiplinan, jaga kesehatan, dan harumkan nama kabupaten Lampung Barat hingga Nasional,” pungkasnya.(Gun)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.