Juni 20, 2024

KETUA DPRD PESISIR BARAT HADIRI PEMBUKAAN WSL KRUI PRO 2024

3 min read

mediapatriot.id,- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Menghadiri Pembukaan gelaran World Surf League (WSL) Krui Pro Tahun 2024 di Pantai Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) berlangsung meriah, Selasa (28/5/2024).

Dihadiri langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi, Wakapolda Lampung, Brigjen. Pol. Dr. Ahmad Ramadhan, S.H., M.Si., M.H., Bupati – Wakil Bupati Pesibar, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., – A. Zulqoini Syarif, S.H.

Selain itu tampak hadir juga Ketua DPRD, Agus Cik, S.Pd., S.E., Kapolres Pesibar, AKBP. Alsyahendra, S.IK., M.H., Dandim 0422/Lambar, Letkol. Inf. Rinto Wijaya, S.A.P., M.I.Pol., M.Han., Ketua TP-PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, Ketua TP PKK Pesibar, Septi Istiqlal, kepala Organisasi Pernagkat Daerah (OPD), unsur Forkopimda serta pihak terkait lainnya, dan 16 Sai Batin Marga se-Pesibar.

Bupati Agus Istiqlal dalam sambutannya mengatakan bahwa event tahun tersebut diikuti oleh 262 atlet dari 19 negara, terdiri dari Qualyfing Series (QS) 5000 Men 135 atlet, QS 5000 women 72 atlet, junior pro men 32 atlet dan junior pro women 23 atlet.

Bupati Agus Istiqlal berharap kegiatan Krui Pro 2024 tidak hanya sebatas kejuaraan surfing internasional semata. Lebih dari itu, adanya kegiatan menjadi waktu yang tepat untuk mengenalkan budaya dan adat istiadat Pesibar, Lampung, bahkan budaya Indonesia kepada dunia internasional melalui kehadiran atlet dari 19 negara. “Tentunya merupakan kebanggaan untuk Pesibar sekaligus juga merupakan tantangan bersama untuk menjadikan Krui Pro sebagai salah satu icon pariwisata nasional dan Pesibar sebagai destinasi wisata unggulan nasional,” tutur Bupati, Agus Istiqlal.

Menurut Bupati, Agus Istiqlal, Krui Pro juga merupakan upaya Pemkab Pesibar dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui event pariwisata. Dengan harapan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, berkembangnya UMKM dan industri kreatif. “Tentu pada akhirnya diharapkan investor tertarik untuk dapat menanamkan modalnya pada seluruh sektor pembangunan di Pesibar. Dengan kata lain, bahwa Krui Pro 2024 ini bukan semata-mata kegiatan olahraga ataupun pariwisata semata,” lanjut Bupati, Agus Istiqlal.

Bupati, Agus Istiqlal menegaskan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dari Pemkab Pesibar untuk mensejahterakan masyarakat demi terwujudnya Pesibar yang amanah, maju, dan sejahtera dalam kerangka mencapai visi Indonesia Emas 2045. Pemkab Pesibar juga meminta dukungan, baik pendanaan, promosi juga dukungan moril untuk kejuaraan Krui Pro 2025 mendatang. “Kami berharap Menpora untuk dapat mengagendakan event ini masuk dalam rangkaian 100 event kalender pariwisata nasional tahun 2025,” tandas Bupati, Agus Istiqlal.

Bupati, Agus Istiqlal juga berharap agar Pemprov Lampung dapat bersama-sama membangun dan mengembangkan destinasi wisata di Pesibar yang bersinergi dengan kabupaten tetangga di sisi barat Lampung. “Sebagai daerah dengan potensi pariwisata unggulan, Pemkab Pesibar berharap Pemprov Lampung dapat memberikan dukungan penuh, khususnya pendanaan pada setiap pelaksanaan even pariwisata daerah, nasional, dan internasional seperti Krui Pro,” tukas Bupati, Agus Istiqlal.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi disela-sela sambutannya menyampaikan pihaknya memastikan akan segera memperjuangkan gelaran Krui Pro agar segera mendapatkan dukungan anggaran dari pemerintah pusat. “Segera saya akan perjuangkan ke pusat agar Krui Pro 2025 dapat dianggarkan oleh pemerintah pusat,” ujar Gubernur, Arinal Djunaidi.

Menurut Gubernur Arinal, Krui Pro sendiri memiliki dampak yang cukup besar. Melalui Krui Pro, nama Pesibar, Lampung, dan Indonesia terus mendunia. “Sehingga para turis bisa terus berdatangan ke Pesibar dan jelas hal tersebut berdampak juga terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat,” pungkas Gubernur, Arinal.

Sementara itu Menpora, Ario Bimo Nandito Ariotedjo menegaskan bahwa pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar segera dilakukannya penambahan panjang runaway Bandara Muhammad Taufiq Kiemas. “Saya juga akan segera berusaha agar Krui Pro dan gelaran lomba selancar di berbagai wilayah di Indonesia dapat digelar dengan lebih terpadu dan terpromosikan di dunia, serta akan dibangun fasilitas yang berkaitan dengan surfing di Pesibar,” tegas Menpora, Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengakhiri sambutannya.

Pembukaan Krui Pro 2024 ditandai dengan pemukulan cetik oleh Menpora didampingi Gubernur, Wakapolda, Bupati-Wakil Bupati, Ketua DPRD, dan Forkopimda Pesibar.

(Ns)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.