Juni 20, 2024

Edukasi KPM Terkait Pencegahan Stunting Melalui P2K2 Oleh Pendamping SDM PKH Kelumbayan Barat

2 min read

Tanggamus, mediapatriot.id – Kesehatan merupakan garda terdepan, kesehatan adalah hal yang dicari oleh semua orang. Menurut World Health Organization (WHO) kesehatan adalah suatu keadaan sehat yang utuh secara fisik, mental dan sosial serta bukan hanya merupakan bebas dari penyakit. 

Oleh karena itu butuh koordinasi, kolaborasi, advokasi dan integrasi lintas sektor untuk memastikan penanganan kesehatan berjalan dengan sangat baik. Dalam hal ini dinas kesehatan berkolaborasi dengan dinas sosial serta melibatkan pendamping PKH dalam penanganan stunting diwilayah tanggamus.

Pendamping Sosial PKH selama ini juga berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung dalam isu kesehatan, melalui proses verifikasi kesehatan, PKH melakukan kontrol dan mendorong ibu hamil dan balita melakukan cek kesehatan secara rutin di layanan kesehatan. Dalam pelaksanaan P2K2 (pertemuan peningkatan kemampuan keluarga) yang dilakukan sebulan sekali juga terdapat materi khusus soal stunting.

Dalam hal ini Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Pekon Marga Mulya Kecamatan Kelumbayan Barat Kabupaten Tanggamus terus berupaya untuk menekan angka stunting dan pentingnya motivasi pendidikan anak.

Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan yaitu melalui Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2) atau Family Devlopment Session (FDS).

“Jadi tidak hanya sekedar mendapat bantuan tunai dan non tunai, Keluarga Penerima Manfaat atau KPM PKH juga diberikan edukasi,” ungkap salah seorang Pendamping Sosial PKH Pekon Marga Mulya Kecamatan Kelumbayan Barat, Syolahuddin kepada media pada minggu (09/06/2024).

Syolahuddin mengatakan terkait pencegahan serta penanganan stunting dan pentingnya motivasi  pendidikan anak, Pendamping Sosial PKH mempunyai peran sebagai pendidik (edukator), fasilitator, penyuluh sosial dan mobilisator.

“Diharapkan melalui P2K2 menjadi upaya-upaya preventif untuk mendorong perubahan perilaku KPM. Serta menggugah kesadaran terutama dalam pencegahan serta penanganan stunting di lingkungan keluarga masing-masing,” harapnya.

Lebih lanjut Magad sapaan akrabnya menyampaikan, selain masalah kesehatan, pendidikan juga merupakan hal yang sangat penting. Karena pendidikan merupakan investasi terbesar dalam keluarga,” imbuhnya.

Beliau berharap setiap KPM agar bisa lebih serius dalam menyekolahkan anak-anaknya. Karena pendidikan merupakan aset terbesar dalam hidup.

Masih kata Syolahuddin, dalam P2K2 Pendamping PKH memberikan edukasi menggunakan sejumlah modul. Yang bertujuan menggerakkan keluarga serta masyarakat agar mendukung pemenuhan kebutuhan, peningkatan kesadaran dan membangun komitmen untuk perubahan perilaku.

“P2K2 ini memiliki berbagai modul utama yaitu modul kesehatan dan gizi, modul pendidikan dan pengasuhan anak, modul pengelolaan keuangan keluarga, modul perlindungan anak, modul kesejahteraan sosial dan modul pencegahan stunting,” tutupnya. (An/Erlan/tim)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.